Kamis, 13 Januari 2011

Cara Memilih Topik Blog

Memilih topik adalah 70% dari seluruh kegiatan blogging. Topic adalah sesuatu yang akan mencirikan seluruh postingan yang kamu tulis. Saya punya cara untuk membantu kamu untuk menemukan topic yang pas untuk blogmu yaitu dengan cara mengecek kata kunci di Google Trends dan di Google Sugest.

# Cek di Google Trends

Kegunaan Google Trends adalah mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang kamu pakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Inilah cara-cara untuk mengetes topic di Google Trends.



Kamu akan lihat form yang mirip form pencarian Google, masukkan kata kunci topikmu di sana, lalu klik Search Trend, seperti gambar berikut.



Beberapa saat kemudian akan muncul hasil dari trends pencarian. Lihat keterangan region di bagian bawah. Kamu akan mengetahui bahwa kata kunci yang kamu masukkan juga dapat di akses di Negara mana saja. Dengan mengetahui pangsa pasar, kamu bisa memutuskan harus memakai blog dengan bahasa apa dan gaya bahasa bagaimana.

Ada lagi cara kedua untuk membandingkan dua kata kunci yang akan kamu pakai dalam topic blogmu. Ikuti langkah selanjutnya. Jika tadi kamu memasukkan satu kata kunci, sekarang masukkan tiga kata kunci yang berada di dalam satu form pencarian trends seperti ini



Klik kembali search trends untuk kembali melihat hasilnya.



Hasilnya akan sedikit berbeda dengan saat kita masukkan satu kata kunci. Namun, sekarang kamu bisa bandingkan mana kata kunci yang paling dahsyat untuk di pakai topic di blogmu. Perhatikan tiga warna berbeda beserta keterangannya.

# Cek di Google Sugest

Jika kamu masih gamang terhadap topic yang akan kamu pakai, coba pakai google suggest. Google Suggest akan memberitahu jumlah orang yang mencari kata kunci mirip dengan yang kamu pakai. Sekarang saya akan memakai kata kunci internet. Terlebih dahulu, kunjungi link ini http://www.google.com/webhp?complete=1&hl=en.



Sekilas memang tampak seperti mesin pencari google biasa, tetapi coba, deh, kasmu masukkan kata kunci “internet” ke form pencarian, tunggu beberapa saat.



Sekarang bisa di lihat orang mencari kata kunci tersebut. Saat kamu memasukkan kata kunci “internet” maka google menyarankan beberapa kata kunci terkait. Dari gambar diatas. Yang paling banyak di cari adalah internet explorer, sebanyak 133 juta. Tapi, jangan tertipu hasilnya. Bukan berarti hasil pencarian paling banyak adalah kata kunci terbaik untukmu. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak sainganmu yang memakai kata kunci sama. Kamu harus pintar memilih kata kunci yang cocok. Paling tidak, hasil pencariannya di kisaran satu hingga lima juta. Dengan begitu, sainganmu tidak terlalu banyak dan kata kuncimu masih popular.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Lontong Blog Themes | Bloggerized by Lontong Blog - Premium Blogger Themes | created by Lontong Blog