Senin, 13 Desember 2010

Asal Mula Suku Galia Dalam Film Asterix dan Obelix

       Kalian pasti pernah melihat film berjudul Asterix and Obelix baik yang versi nyata maupun yang versi kartun, Asterix dan Obelix adalah penduduk dari sebuah suku di Eropa yang bernama suku Gallia atau Galia. Di dalam film Asterix dan Obelix, diceritakan bahwa penduduk suku Gallia berhasil mempertahankan wilayahnya dari serangan pasukan romawi dan malahan menjadi sahabat Julius Cesar.
       Lalu, dimanakah sebenarnya wilayah suku Gallia,?. jika dirunut berdasarkan wilayah kerajaan romawi di Italia (dengan Colosseum Roma sebagai patokan pusatnya), maka Gallia adalah kawasan Eropa Barat yang saat ini adalah negara Italia bagian utara, Perancis, Belgia, Swiss bagian barat, serta bagian wilayah Belanda dan Jerman di barat Sungai Rhein.

wilayah kekuasaan suku Gallia

       Suku Gallia termasuk salah satu suku Barbar yang ada di sekitar kekaisaran Romawi (pengertian suku Barbar yang sebenarnya adalah suku di daerah kekaisarang romawi yang belum bisa ditaklukan oleh kekaisaran Romawi, bukan pengertian umum yang mendeskripsiukan suku Barbar sebagai suku kejam yang brutal, pemakan daging, bertubuh besar, dan yang lainya). Orang-orang suku Gallia hidup menyebar di Eropa pada zaman Romawi, mereka menggunakan Bahasa Gallia.suku ini juga dikenal sebagai suku yang ramah dan sangat benci peperangan
       Wilayah Gallia yang sebagia merupakan pegunungan menjadikan suku ini mempunyai banyak kekayaan alam yang melimpah (mereka sebagian besar tinggal di lereng peguungan Alpen Italia), hal inilah yang kemudian menjadikan Julius cesar sangat berambisi untuk memnguasai wilayah suku Gallia.

1 komentar:

BELAJAR BAHASA mengatakan...

sungguh menarik

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Lontong Blog Themes | Bloggerized by Lontong Blog - Premium Blogger Themes | created by Lontong Blog